Narasi Reflektif Topik 5 Aksi Nyata PSPI
AKSI NYATA
Nama : Lintang Aini Pambayun Mulyono
NIM : 240211105711
Kelas : Matematika 01
Mata Kuliah : Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia
Saya belajar lebih lanjut di ruang kolaborasi secara berkelompok. Serupa denga apa yang kami lakukan di topik 3 dan topik 4, di topik 5 kami diminta memberikan pandangan pribadi mengenai Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Pandangan berikutnya yang diminta yaitu mengenai kesiapannya mengajar dengan memperhatikan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD. Setelah itu kami diminta menganalisis persamaan dan perbedaan pandangan dengan anggota kelompok. Kami juga diminta menelaah modul ajar berdasarkan penerapan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD.
Demonstrasi Kontekstual
Hasil diskusi di ruang kolaborasi selanjutnya kami presentasikan di tahap demonstrasi kontekstual. Secara pribadi, proses demonstrasi kontekstual melatih skill public speaking dan kerjasama dalam tim saya. Dalam kelompok, kami melakukan analisis persamaan dan perbedaan pandangan secara mendalam. Kegiatan analisis dan diskusi ini juga melatih kemampuan bernalar kritis saya. Kami berusaha untuk melihat pandangan masing-masing anggota kelompok dari berbagai perspektif agar dapat mengambil kesimpulan secara lebih luas.
Elaborasi Pemahaman
Saya mengelaborasi pemahaman saya mengenai hal-hal yang telah saya pelajari di tahap ini. Terdapat 5 pertanyaan pemantik untuk mengelaborasi pemahaman saya tersebut. Pertama, saya diminta memberikan pandangan mengenai topik bahasan. Selanjutnya memberikan cara menyikapi tantangan terkait topik bahasan yang dialami di kelas. Selain itu, saya juga memaparkan hal baik yang saya rasakan selama mempelajari topik bahasan. Berikutnya saya menjelaskan cara saya menerapkan ilmu mengenai topik bahasan kali ini dalam pembelajaran di kelas dan terakhir saya mengungkapkan hal-hal yang masih ingin saya tanyakan. Semua pertanyaan berkaitan dengan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD.
Koneksi Antar Materi
Saya menyadari bahwa materi pada mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia (PSPI) ini berkaitan dengan beberapa konsep atau teori dari filsuf maupun psiolog pendidikan dunia seperti John Dewey, Vygotsky, Piaget, dll. Pertama, berkaitan dengan konsep scaffolding atau pemberian bantuan belajar. Teori ini berkaitan pula dengan teori perkembangan kognitif anak. Selanjutnya, serupa dengan scaffolding yakni OBA atau Orientation Basis of Action. Pada dasarnya adalah tentang bagaimana guru menyelesaikan refleksi yang diperlukan siswa dalam memecahkan masalah. Kemudian berkaitan pula dengan trial and error dalam pelaksanaannya. Diperlukan trial and error karena kondisi siswa itu dinamis atau selalu berubah. Trial and error ini tentu memakan waktu dan tenaga. Agar trial and error berjalan lebih efektif, pengajar hendaknya menggunakan konsep design thinking yang berjalan secara infinity atau tidak terbatas, yakni Empathize, Define, Ideate, Prototype, dan Test. Dengan begitu pembelajaran dapat terevaluasi dengan lebih efektif.
Aksi Nyata
Manfaat pembelajaran dalam mata kuliah ini adalah melatih kepekaan saya sebagai guru untuk sebisa mungkin menerapkan Pendekatan, Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran yang Diterapkan sebagai Scaffolding pada ZPD di kelas. Melalui pembelajaran ini, saya terinspirasi untuk mempersiapkan pembelajaran yang berorientasi pada siswa dan sesuai dengan pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) dan Culturally Responsive Teaching (CRT). Dari skala 1-10, saya menilai kesiapan saya 8. Saya optimis dapat menerapkan teori dalam mata kuliah ini secara praktik dengan baik. Yang perlu saya siapkan adalah terus berlatih menerapkan teori yang sudah saya pelajari karena semakin banyak latihan akan semakin terbiasa.
***
Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi pembaca.💖
Komentar
Posting Komentar